Pages

Saturday 7 December 2013

Hati, Kandung empedu, dan Pankreas


A.    Hati
Hati merupakan organ tubuh penting yang terletak pada bagian teratas rongga abdomen sebelah kanan dan berada pada posisi di bawah diafragma. Selain itu hati dilindungi oleh tulang rusuk (costa 5 – 10).
Hati terbagi menjadi lobus kanan dan lobus kiri. Bagian permukaan bawah hati terlihat melekuk dan tidak rata (fisura transversus), selain itu juga permukaan bagian bawah kanan dan kiri hati dipisahkan oleh fisura longitudinal. Adapun yang mengatur permukaan atas hati adalah ligamen falsiformis.
Sama seperti organ yang lain hatipun memiliki pembuluh darah yang senantiasa mengantarkan sari makanan ke hati. Ada empat pembuluh darah utama pada hati, yaitu 2 pembuluh yang menjelajahi seluruh hati dan 2 pembuluh yang keluar. Pembulluh yang menjelajahi hati diantaranya: arteri hepatika yang memberikan seperlima darahnya pada hati dengan kejenuhan oksigen 95 sampai 100%, vena porta yang mengantarkan empat perlima darah ke hati dengan kejenuhan oksigen 70%. Adapun pembuluh yang keluar adalah vena hepatika yang mengembalikan darah dari hati ke vena kava inferior, pembuluh terakhir adalah saluran empedu yang mengeluarkan cairan empedu dari hati.
Fungsi hati:
Secara umum
Dalam proses metabolisma tubuh yang berkaitan dengan pengaruh makanan dan darah. Hati juga merupakan pabrik kimia tubuh dalam artian hati mengubah zat makanan yang di absopsi oleh usus lalu menyesuaikannya dengan kebutuhan jaringan tertentu. Lain dari itu, hati dapat mengubah zat buangan dan racun supaya mudah untuk diekskresikan. Sekresi empedu. Pembentukan ureum. Mencerna lemak. Detoksikasi.
Secara khusus dengan darah
Membentuk sel darah merah saat masih janin, sebagai penghancuran eritrosit, menyimpan hematin untuk eritrosit baru, membersihkan bilirubin darah, penghasil protombin dan fibrinogen.
B.     Kandung empedu
Kandung empedu berbentuk seperti kantong yang serupa dengan buah terong, terletak pada lekukan sebuah permukaan bawah sampai pinggiran depan hati. Kandung empedu memiliki panjang 8 – 12 cm dengan kapasitas cairan 60ccm.
Struktur Kandung empedu terbagi menjadi bagian fundus, badan, leher, dan terdiri dari 3 pembungkus yaitu disebelah luar, tengah, dan dalam.
Fungsi kandung empedu:
Sebagai tempat persediaan getah empedu.
Getah empedu merupakan cairan alkali yang disekretkan oleh hati. Getah empedu memiliki pigmen yaitu sterkobilin yang mewarnai feses dan urobilin yang mewarnai urine. Selain getah, empedu juga memiliki garam empedu yang berperan sebagai zat pencerna dalam memecah lemak.
C.    Pankreas
Pankreas, merupakan kelenjar majemuk bertandan yang strukturnya mirip dengan kelenjar ludah, memiliki panjang 15 cm.
Pankreas terdiri atas bagian kepala, badan, dan ekor. Kepala pankreas terletak di sebelah dalam rongga abdomen, badan pankreas terletak di belakang lambung, dan ekor pankreas adalah bagian runcing di sebelah kiri yang menyentuh limfa.
Fungsi pankreas:
Mensekresikan getah pankreas, mencerna dan menyerah kadar gula dalam darah.

No comments:

Post a Comment